Posted by: anaktangguh | September 13, 2008

Taman Yang Dihiasi Pohon Salam

Landscape…. Lay out taman dirancang oleh Adi, kemudian konsep tamanya dimatangkan oleh Bapak Dewa Gelgel. Yang mengeksekusi desain adalah Bapak Suma, seorang warga lokal yang sangat antosias dengan pengembangan sanggar sebagai sarana pendidikan alternative yang murah dan berkualitas untuk warga pedesaan..

Menurut Pak Dewa, konsep tamanya adalah Ahimsa jadi seminimal mungkin membunuh tanaman yang sudah ada. Jika harus menggeser pohon , sebaiknya dipindahkan saja.

Seperti Pohon “Janggar Ulam” terlihat tetap berdiri kokoh di tengah-tengah halaman sanggar. Begitu juga dengan pohon Mangga “poh Madu” yang meneduhi di sebelah timur lobby sanggar.

Taman ini dihias dengan pohon prangifani (kamboja) berbagai warna. Yang menarik semua pohon prangifani itu adalah sumbangan warga; Prangipani yang berbunga dengan warna kuning di pojok kanan pintu gerbang sanggar adalah sumbangan pak Hartawan. Pohon frangipani warna merah maroon di pojok kiri sanggar adalah sumbangan pak Mustika. Prangipani di tengah lapangan warna putih sumbangan ibu Sumadi, Prangipani warna merah sumbangan Bapak Rumawan dan prangipani warna putih adaklah sumbangan pak Badri. Ada juga prangipani warna-warni, merah, pink, putih, kuning sumbangan Ida Bagus Aji, seorang pedagang cabe merah, di pasar desa Guwang.

Demikian juga pohon yang lain seperti palm putri, palm kuning, dan bugenvile ungu yang menghiasi pergola di tengah halaman sanggar adalah sumbangan pak suma, seorang landscaper yang sudah melanglang buabna di beberapa hotrel berbinyang di Bali.

Yang menarik secara tidak sengaja tan disanggar dihiasi tanaman “Janggar Ulam” atau pohon salam , yang dalam bahasa Belanda disebut “Lauriergracht”, Sama seperti nama jalan tempat Max HavelaarDe plicht van eenmens is mens te zijn – “Tugas manusia adalah menjadi manusia”……. Akan mewarnai perkembangan anak-anak sanggar. tinggal sewaktu menulis buku Multatuli. Semoga seruan Multatuli yang mengatakan



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: