Posted by: anaktangguh | April 6, 2010

LEMPAD Reborn….

Tidak terasa dua tahun telah berlalu, tepatnya April 2008. Sekitar 45 anak-anak “Sanggar Anak Tangguh” mengikuti program “Little Picaso”. Program ini dimotori oleh duet seniman asal Bali, Raka dan pensiunan guru TK dari  Inggris, Susan Phonix.

Program “Little Picaso” telah berhasil mengantarkan beberapa lukisan anak-anak sanggar ke Amerika , bersanding dengan lukisan anak-anak dari Neval dan Afrika.

Awal April 2010, Sanggar akan segera melaunching program baru …. tepatnya yang baru adalah nama dan konsepnya. Sanggar yang tumbuh di sebuah desa , yang kental tradisi Bali-nya,  memulai program “Lempad Reborn”, di  bulan purnama kedasa, (bulan purnama, pada bulan kesepuluh, menurut kalender Caka Bali. Purnama Kedasa diyakini sebagai hari baik, dimana banyak dipakai sebagai upacara persembahan kepada para dewa-dewi.
Program gambar, “Lempad Reborn”, diinspirasi oleh karya dan seniman besar Bali yang legendaris yaitu : I Gusti Nyoman Lempad. Beliau sangat legendaris, karena karya beliu sangat terkenal dengan kekuatan garis dan sketsanya. Menurut Bayak’ seorang artis yang akan membimbing sekitar 10 anak-anak yang ikut program Lempad Reborn, mengatakan : “ agar kita tidak tercerabut dari akar budaya dan seniman lokal”, walau isu-isu atau tema yang akan  digarap adalah isu-isu universal seperti pelestarian lingkungan, climate change, pendidikan dan kemanusiaan.

Ritual yang dilakukan dalam menyosong “Lempad Reborn”, anak-anak telah berkolaborasi dengan puluhan seniman dari “Komunitas Pojok” dan kakak Saicu, pentolan aktivis dan seniman dari Manikaya Kauci, sebuah NGO yang bergerak dibidang HAM. Kolaborasi ini, telah menghsilkan mural sepanjang 50 metter x 5 meter, yang dikerjakan lebih dari satu bulan.

Kalau ada yang mau pasang aksi berfose di depan mural …. welcome and for sure you ll exis at your face book …. ha ha ha …

Dalam penggarapan gagasan dan konsep, untuk mendapat kajian dari segi psikologinya, kita mohon bantuan Cok Mas seorang psikolog dari Surabaya . Semoga karya yang dihasilkan Lempat Reborn bisa menggebrak ……. semoga pikiran alternatif dan dukungan dari semua pihak datang dari segala penjuru. Semoga kolaborasi ini menghasilkan karya- karya yang “ beyond expectation” …… semoga …….

Gede


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: