Posted by: anaktangguh | March 27, 2011

Friendship for Japan: Pray, Thousand of origami, party postcard.

Dalam rangka mengungkapkan empati kepada saudara saudara di Jepang, yang mengalami musibah tsunami dan radiasi nuklir, anak-anak Sanggar Anak Tangguh melakukan aksi kepedulian. Aksi peduli diisi dengan tiga acara pokok, pertama acara diisi dengan doa bersama, anak-anak merangkai burung origami sebanyak 1000 buah, dan party postcard.

This slideshow requires JavaScript.

Acara dibuka dengan penjelasan tentang lokasi kejadian gempa, melalui gambar peta sederhana di white board oleh ibu Yoyo. Ibu Yoyo adalah guru yang mengajar anak-anak dalam menari modern seperti tari cha-cha dan Salsa. Beliau menjelaskan mulai dari peta dunia, kemudian dimana lokasi Jepang dan tepatnya lokasi gempa. Yang menarik beliau sangat paham perkembangan penanganan musibah tersebut di Jepang. Ibu Yoyo menceritakan bahwa ada 6 orang yang masuk kedalam reaktor nuklir yang dipakai sebagai pembangkit tenaga listrik tersebut, untuk mencoba memperbaiki dari dalam, Pekerjaan itu sangatlah beresiko dan sangat besar kemungkinan akan terkena radiasi, tapi orang Jepang berani melakukan itu dengan tujuan untuk mencegah agar radiasi tidak meluas lagi, karena radiasi ini sangat membahayakan kesehatan banyak manusia dan lingkungan.

Sebelum acara Doa bersama dimulai, disampaikan sedikit pengantar, bahwa acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kepekaan, serta solidaritas untuk kita semua. Kebetulan musibah ini terjadi di Jepang yang secara geografis agak jauh dari lokasi kita, namun rasa solidaritas ini sangatlah penting untuk dibina, karena jika kita mampu menghidupkan kepekaan dan solidaritas ketika ada musibah atau ada saudara yang menderita di sekitar kita, kita akan tergerak untuk melakukan pertolongan semampunya. Setelah penjelasan tersebut acara disi dengan doa bersama, semoga bencana dan radiasi nuklir segera dapat diatasi dan penduduk Jepang cepat pulih dari kondisi bencana.

Kemudian acara dilanjutkan dengan merangkai burung orogami oleh anak-anak, bagi anak-anak yang belum bisa dilatih terlebih dahulu merangkai burung origami. Acara origami dipimpin langsung oleh ibu Yoshiko (Yoyo). Burung orogami dibuat sebanyak seribu buah karena menurut kepercayaan orang jepang seribu buah burung origami memiliki arti khusus.

Anak-anak sanggar yang memilih kelas lukis, mereka mengambar postcard dengan tema pemulihan paska bencana tsunami dan nuklir radiasi. Dalam kesempatan ini pula acara dihadiri oleh kawan-kawan dari One Dollar For Musik Lombok, kakak Mantra seorang pelukis dari Mataram-Lombok, yang terkenal dengan lukisan organic mind- nya. acara juga tambah ramai dengan kehadiran Gill Bougart seorang relawan dari Amerika. Acara ini diadakan selama dua hari yaitu hari minggu tanggal : 27 dan 23 Maret 2011.

Aktifitas seperti ini memang sering dilakukan disela-sela acara belajar di Sanggar Anak Tangguh, karena program pendidikanĀ  di Anak Tangguh memang diupayakan untuk sedekat mungkin dengan realita (pendidikan yang kontekstual), Dalam rangka mengejawantahkan misinya, Sanggar Anak Tangguh menggunakan alam sekitar sebagai media dalam pendidikanya : seperti alam Sawah, Alam Sungai, dan alam Laut. Sanggar Anak Tangguh berlokasi di desa Guwang, Kecamatan Sukawati.

Terima kasih.

support for Japan Tsunami


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: