Posted by: anaktangguh | August 4, 2011

CERITA DALAM KALENG

Proses kreatif itu bisa mempergunakan media apa saja. Dalam 2 bulan lebih ini, komunitas Semut ireng mengadakan workshop kamera lubang jarum (KLJ) secara rutin setiap minggu di Sanggar Anak Tangguh, di Desa Guwang, Gianyar. Dengan memanfaatkan kaleng bekas, anak-anak membuat kamera mereka sendiri. Lalu dengan kamera kaleng itu, mereka memotret lingkungan desa mereka, medokumentasikan apapun yang mereka anggap menarik.

“Cerita dalam Kaleng” sebuah istilah yang diilhami dari falsafah populer yaitu ‘pesan dalam botol’. Cerita dalam kaleng dimaknai sebagai sebuah pesan / cerita yang direpresentasikan oleh anak-anak tersebut melalui proses fotografi. Gambar yang dihasilkan dari kamera kaleng mereka, barangkali mewakili pola pandang mereka terhadap lingkungan di desa mereka. Seperti misalkan foto yang berjudul ‘canang’ yang diambil oleh I Wayan Elfandi, dia menyampaikan bahwa canang itu adalah sarana persembahan untuk Tuhan. Seperti juga pada foto ‘Tempat sampah’ dan ‘got’ karya dari I Kadek Juana Setiawan yang (peduli) melihat lingkungannya dari sisi kebersihan. Sedangkan pada foto ‘Pemujaan Dewa Ternak’, I Kadek Adi Widia Mahendra  memotret sanggah dan menyampaikan sejarah dan fungsi kenapa sanggah itu dibuat. “Cerita dalam kaleng” mengungkapkan kepolosan & kejujuran mereka dalam menyampaikan uneg-uneg yang kritis melalui media visual.

Pesan dari “Cerita dalam Kaleng” juga bisa diartikan sebagai upaya untuk mengejawantahkan perilaku hormat kepada lingkungan “Ibu Pertiwi dan Bapa Akasa”, dengan mengejawantahkan pola hidup : Reused Reduce Recycled.

Salam Lima Jari,

-Vifick Bolang-

Project leader, founder komunitas semut ireng


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: