Posted by: anaktangguh | April 16, 2012

“Educate a girl, and you educate a community” – African Proverb.

Tata Kelola Fasilitas Umum Merupakan Cerminan Peradaban Suatu Bangsa

Sebuah wawasan dari seorang fotografer perempuan ke anak-anak perempuan.

Sebelum saya bergabung dengan Yayasan Anak Tangguh, atau yang akrab disapa dengan nama Sanggar Anak Tangguh, saya selalu memendam harapan untuk membagikan skill dan pengalaman saya selama bekerja sebagai Female Documentary Photographer ke khayalak lain, dimana bidang fotografi yang ada sekarang ini masih didominasi oleh kaum pria. Tapi pada saat itu belum terbersit di benak saya untuk mengajarkan fotografi ke anak-anak, khususnya anak-anak perempuan, karena hal itu belum banyak di lakukan oleh kalangan umum. Selama ini kita hanya melihat anak-anak dan dunianya yang diekspos menjadi sebuah foto. Mereka berperan pasif sebagai subjek yang berada di depan kamera. Juga, karena persepsi kita sebagai orang dewasa yang sering kali menganggap bahwa pelajaran fotografi yang dibarengi dengan tema-tema yang mengangkat kepedulian sosial, budaya maupun lingkungan akan terlalu berat bagi anak-anak.

Tapi anggapan saya tersebut berubah ketika saya secara kebetulan bertemu dengan salah satu pengurus Sanggar Anak Tangguh dan memutuskan untuk berkunjung kesana. Setelah beberapa kali menyaksikan antusias belajar anak-anak di sanggar, saya tersadar bahwa ternyata masih banyak anak-anak yang begitu haus akan pendidikan dan pengetahuan baru. Jiwa kritis mereka, didukung oleh impian para orangtua siswa yang mengharapkan adanya pendidikan murah dan berkualitas pulalah yang menginspirasikan saya untuk merancang program fotografi untuk anak-anak dan membuka jalan bagi mereka untuk mengekspresikan diri, mengasah kreatifitas dan kepekaan terhadap masalah-masalah disekitar mereka melalui sebuah kamera.

Meskipun saya selalu menaruh kepercayaan penuh kepada setiap murid saya, melalui hasil karya foto yang saya saksikan, saya begitu terkejut dengan besarnya bakat dan potensi jurnalisme mereka yang sudah begitu nampak dari usia yang relatif terbilang muda. Teringat kembali suatu moment ketika kami memulai program fotografi ini, dimana ada seorang anak yang begitu gemetaran dan akhirnya menangis karena dia tidak pernah memiliki ataupun memegang kamera sebelumnya. Seiring dengan proses belajar dan latihan yang berlangsung selama lima bulan, satu persatu mereka mulai percaya diri dengan kemampuan mereka dalam mengambil gambar dan juga menjabarkan ide dan visi foto mereka melalui tulisan. Bagi saya pribadi, tolak ukur keberhasilan saya sebagai seorang pengajar bukanlah dari seberapa jauh mereka mengetahui teknik fotografi, tetapi dari seberapa besar minat mereka terhadap fotografi itu sendiri dan mempertahankan keinginan mereka untuk mengeksplorasi kemungkinan apa yang kamera bisa lakukan untuk menyampaikan kreatifitas mereka. Dengan bangga, saya bisa mengatakan bahwa anak-anak perempuan di Sanggar Anak Tangguh telah melampaui apa yang selama ini saya impikan.

Dalam kesempatan ini saya atas nama keluarga besar Yayasan Anak Tangguh, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik yang berupa materi, pemikiran, dorongan semangat maupun masukan-masukan yang mengkaji dari sudut yang kritikal, untuk menjadikan program ini menjadi lebih berkualitas.

Semoga program ini menjadi fondasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keahlian anak-anak perempuan yang belajar di sanggar, menumbuhkan apresiasi dan meningkatkan kesadaran kesetaraan gender di kalangan anak-anak semenjak dini, juga menginspirasi segenap stakeholders untuk mewujudkan tata kelola fasilitas umum yang lebih baik lagi. Karena kami meyakini bahwa pengelolaan fasilitas umum merupakan cerminan peradaban suatu bangsa.

Terima kasih, dan mari kita bersulang untuk kemajuan anak-anak, karena mereka adalah harapan masa depan kita.

 Salam,

Sri Utami

“Educate a girl, and you educate a community” – African Proverb.


Leave a Reply

Categories

