Posted by: anaktangguh | November 5, 2012

WOMEN IN ACTION

Anak tangguh, Women in action

Sanggar Anak Tangguh, ikut berpartisifasi aktif dalam mendukung gerakan untuk perempuan. Dalam mewujudkan solidaritas tersebut,  Anak-anak Sanggar Anak Tangguh menggagas program “ Women In Action”. Program women in action merupakan pengembangan program gambar yang ada di Sanggar Anak Tangguh. Gambar-gambar yang dihasilkan dari program ini, akan dilelang, hasil penjualan dari lelang tersebut akan disumbangkan untuk organisasi yang konsen dengan perlindungan dan pemberdayaan anak-anak dan perempuan.

Program ini digagas oleh team program gambar Sanggar Anak Tangguh, Adi, Bayak, Kadek Warsa, dalam merespon tawaran untuk ikut serta dalam melakukan lelang karya-karya gambar anak-anak oleh ” Women Crisis Centre Bali”. Dalam pelaksanaan program ini, kita bersyukur  karena salah seorang artis Alumnus dari Charles Sturt University, Wagga Wagga NSW-Australia, Jennifer Anne Ashby, Bersedia untuk membantu dalam membimbing anak-anak  dalam berkarya.

Pada saat awal bertemu dengan Jenny, seorang ahli dalam monotype print (seni Grafis).  Dia mengungkapkan kalau dalam berkarya dia terispirasi dari karya-karya Aslem Keifer. William Kentridge, Christian Bolanski and Antonio Tapies karena karya-karya mereka sangat sarat dengan pesan-pesan sosial politik dan hak asasi manusia. Jenny juga sangat menyukai karya-karya Taring Padi. Pengalaman Jenny dalam mendampingi anak-anak Aborigin di Australia tentu akan menjadi inspirasi berharga dalam pengembangan anak-anak sanggar dalam berkesenian.

Dalam mengimplementasikan program women in action, dipilih tema : Katakan Dengan Bunga. Program ini diikuti oleh anak-anak dari kelas satu SD sampai dengan kelas III SMP. Program ini, dimulai dari anak-anak melakukan survey tentang tanaman yang ada di rumah dan lingkuan di sekitar rumah mereka. Anak-anak juga diminta untuk memilih dan memotret bunga-bunga kesukaan mereka. Disamping memilih bunga–bunga yang ada di lingkungan sekitar rumahnya untuk digambar, anak-anak juga dibebaskan untuk memilih gambar-gambar bunga yang ada di buku-buku koleksi perpustakaan Sanggar Anak Tangguh.

Dari sekitar 40 anak yang aktif dalam program gambar, mereka dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok perempuan dan satu kelompok laki-laki. Dari proses pelaksanaan program women in action ini terlihat perbedaan karakter lukisan anak-anak perempuan dan anak-anak laki-laki.

Beberapa proses awal, mereka dalam berkarya dan karya-karya yang telah dihasilkan dapat diapresiasi pada : Face book pages : GALLERY ANAK TANGGUH.

Salam

Adi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: