Posted by: anaktangguh | April 23, 2013

Women In Action Art Auction

WOMEN IN ACTION
Kegitan Women in Action Art Auction, diselengarakan oleh Bali Women Crisis Center. Yang bertujuan untuk mengadakan penggalangan dana secara mandiri, untuk mendanai program-program yang dilaksanakan. Bali Women Crisis Center (BWCC) adalah sebuah lembaga non pemerintah yang didirikan pada tanggal 3 September 2012.
Lembaga ini berdiri berdasarkan inisiatif para korban kekerasan yang difasilitasi oleh perempuan-perempuan yang bergerak dalam pendampingan perempuan dan anak. Lembaga ini menjadi wadah untuk memberikan dukungan serta layanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan. Selain itu menjadikan lembaga sebagai pusat krisis untuk perempuan dan anak serta pusat pengembangan sumber daya manusia untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak terutama di wilayah Bali.
Visi BWCC adalah terwujudnya sistem hukum yang adil gender yang tercermin dalam relasi kuasa baik dalam relasi personal, keluarga, masyarakat dan Negara.
Sebagai pusat krisis dan pusat pengembangan sumber daya manusia BWCC menyediakan beberapa layanan, antara lain pendampingan korban, program pelibatan laki-laki, penelitian dan pelatihan, advokasi dan pengorganisasian, serta kampanye dan media.
Karya-karya yang ditampilkan merupakan hasil seni visual fotografi dan lukisan. Karya fotografi yang ditampilkan adalah karya foto dari I Nyoman Wija. Sedangkan untuk karya lukis yang ditampilkan adalah merupakan karya-karya komunitas Seniman perempuan yang tergabung dalam Seniwati Gallery.
Seniwati Gallery merupakan salah satu organisasi yang mendukung seniman-seniman perempuan dalam mengukuhkan eksistensinya. Karya-karya yang ditampilkan adalah karya-karya dari 13 orang anggota Seniwati Gallery yang diketuai oleh Ni Nyoman Sani. Seniman siniman dari seniwati gallery yang mendukung acara ini adalah : Ugi, Ketut Anggreni, Agnes y, Putu Suriati, A.A.Istri Agung, Kerry P, Ni Luh Andriani, Emy Agustriani, Ni Ketut Ratnasih, Dayu Anom, Oka Kartika, Ni Made Kurniati, dan Ni Nyoman Sani.
Gallery seniwati yang didirikan sejak 1991, telah berhasil mengantarkan angotanya berpameran dibebagai Negara antara lain, pameran yang diseleggarakan di Indonesia, Australia, Singapore, Jerman dan Hongkong. Prestasi gemilang dari seniwati gallery adalah ada karya dari anggotanya yang pernah dicetak UNICEF untuk pengalangan dana, untuk mendanai program pendampingan anak-anak.
Selain karya-karya lukis dari Seniwati Gallery juga ditampilkan karya lukis dari Sanggar Anak Tangguh, Guwang, Sukawati, Gianyar. Sanggar Anak Tangguh merupakan lembaga yang peduli terhadap perkembangan dan pendidikan anak-anak, yang dalam menjalankan programnya memakai media seni sebagai media pembelajaranya. Karya-karya lukis yang ditampilkan oleh anak-anak Sanggar Anak Tangguh adalah merupakan karya-karya anak-anak yang mengikuti program gambar dengan tema Katakan Dengan Bunga. Dalam belajar menggambar anak-anak didampingi oleh I Komang Adiartha dan I Made “Bayak” Muliana.
Semenjak berdiri dari tahun 2007, Anak – Anak Sanggar Anak Tangguh telah mengikuti beberapa pameran antara lain :
1. Pameran lukisan dalam perayaan Hari Pendidikan Nasional di Aliance Francaise (AF) Denpasar, Lembaga kebudayaan Indonesia Prancis, Renon, Denpasar – Bali, 2010.
2. Pameran fotografi lubang jarum “Cerita Dalam Kaleng”, di Art Café Seminyak, Agustus 2011.
3. Pameran fotografi lubang jarum cerita dalam kaleng, di Bar Luna Ubud, September 2011.
4. Pameran lukisan dan fotografi dalam rangka Musim Semi Penyair yang bertema “CHILDHOOD”, Maret 2012.
5. Pameran fotografi “Fasilitas Umum di Mata Anak-anak” di Serambi Art Antida Denpasar, April 2012.
6. Pameran fotografi “Fasilitas Umum di Mata Anak-anak di Bar Luna Ubud, Mei 2012.
7. Workshop lukis dan menulis untuk anak-anak di Sanggar Anak Tangguh dalam rangkaian acara International Ubud Writer and Reader Festival UWRF), 2010.
8. Workshop lukis dan menulis untuk anak-anak di Sanggar Anak Tangguh dalam rangkaian acara International Ubud Writer and Reader Festival UWRF), 2011.
9. Party mural, Menggambar mural pada Bak Sampah, Lapangan Puputan, Rotaract, 2010.
10. Pameran restofectif Sanggar Anak Tangguh, Bentara Budaya Bali, 2012.
Luh Putu Kusuma Ririen
Ketua Panitia Women In Action Art Auction


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: