Posted by: anaktangguh | August 20, 2013

HARI REMAJA INTERNASIONAL: 55 KOMUNITAS REMAJA MEMBUAT CATATAN UNTUK INDONESIA MELALUI VIDEO DIARY

Sahabat Pemutaran agustus 2013

 

Gerakan Jalan Remaja 1208 telah memasuki tahun yang ke-5 sejak diselenggarakan pertama kali oleh Yayasan Kampung Halaman (KH) pada tahun 2009. Dari tahun ke tahun gerakan refleksi remaja menggunakan medium video yang diselenggarakan setiap tanggal 12 Agustus ini telah mengalami beragam perkembangan dan perubahan. Perkembangan dan perubahan tersebut adalah respon atas kondisi remaja di komunitas dan perkembangan penggunaan video oleh remaja itu sendiri.

Semenjak Tahun 2010, Yayasan Anak Tangguh, berpartisifasi aktif dalam mengikuti program jalan remaja 1208. Pada tahun 2010 dengan didampingi Mba Lila dan Mas Abu, Sanggar Anak Tangguh menghasilkan video diary dengan judul : Sungai Penuh Warna dan Murah Meriah, Sementara pada tahun 2011, anak-anak sanggar Anak Tangguh atas dampingan Ayu Diah Cempaka, Harum, dan kawan-kawan menghasilkan video diary dengan judul : Jalanku Menari. Sedangkan untuk Tahun 2012, Anak Tangguh atas dampingan Cok Agung Pramayogi, menghasilkn video diary dengan Tema: Restropektif Sanggar Anak Tangguh yang bercerita tentang Fasilitas Umum di Mata Anak-anak. Pada tahun 2013 ini, Anak Tangguh berpartisifasi sebagai sahabat pemutaran. Pemutaran video diary ini dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2013.

Meski demikian, inti dari gerakan ini tetap sama yakni memberikan kesempatan bagi remaja di Indonesia untuk berbagi cerita/gagasan terhadap beragam hal yang ada di lingkungan terdekat mereka menggunakan medium video diary.

Tahun 2013 ini Jalan Remaja 1208 membawa tema “Catatan Remaja untuk Indonesia”. Tema tahun didapatkan dari hasil riset sederhana yang dilakukan oleh Kampung Halaman terhadap 51 komunitas yang ada dalam jaringan KH. Hasilnya, remaja di masing-masing komunitas memiliki perhatian dan isu yang sangat spesifik. Isu-isu tersebut dikategorisasikan menjadi 5 sub-tema yakni pendidikan dan lapangan pekerjaan, budaya dan media, konflik, Hak Asasi Manusia dan lingkungan.

Subtema-tema tersebut diharapkan dapat mendorong remaja supaya lebih menggali beragam isu yang menjadi perhatian mereka di komunitas dan menyuarakannya menggunakan video diary.

32 komunitas yang berpartisipasi sebagai pembuat video (Sahabat Produksi) adalah Komunitas Aksara (Malang), Creative Sempu (Jogja), FORKAPPI (Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Gandasuli Purbalingga), Galeri Pictures (Tasik), Himpunan Muda-Mudi Cikurubuk (Tasik), Kafiana Production (Purbalingga), Kamera (Jepara), Kanaba (Tasik), Kelompok Belajar Seni Sukarmadju (Jombang), Qoryah Thayyibah (Salatiga), Langit Biru (Bondowoso), Bozz Community (Purbalingga), Pak Dirman (Purbalingga), Pedati Film (Purbalingga), Pendopo (Jogja), Percisa (Tasik), Plasabumi (Tasik), PPAD (Grobogan), Rumah Ilalang (Jepara), Sanggar Rakyat (Cirebon), Sanggar Teratai (Indramayu), Sekolah Rakyat Kami (Makassar), Sens Production (Tasik), Smega Movie Community (Purbalingga), Sobat Muda (Salatiga), Pasir Putih (NTB), Papringan Pictures (Purbalingga), Tunas Harapan Pakuncen (Jogja),, Pesantren Aswaja Nusantara (Jogja), Karang Taruna Singosaren (Jogja), Pancang Nibung (Riau) dan Hammas (Tasik). Sedangkan jumlah video diary yang dihasilkan sebanyak 33 video.

Selain 32 komunitas Sahabat Produksi, Jalan Remaja juga didukung oleh 23 komunitas lain yang berpartisipasi sebagai Sahabat Pemutaran Bioskop Remaja.  Dengan demikian Bioskop Remaja pada tahun ini akan diselenggarakan di 55 titik pemutaran yang tersebar di 15 provinsi yakni Jawa Tengah (21 titik), Jawa Barat (10 titik), Jawa Timur (4 titik), DIY (5 titik), Riau (1 titik), NTB (3 titik), NTT (1 titik), Sulawesi Selatan (2 titik), Sulawesi Utara (1 titik), Sulawesi Tengah (1 titik), Bali (2 titik), Sumatra Utara (1 titik), Jambi (1 titik), Kalimantan Barat (1 titik) dan Papua (1 titik).

Selain pemutaran video diary dan berdikusi, remaja juga akan menuliskan hasil diskusi tersebut dalam lembar catatan yang akan dibacakan kepada penonton. “Jika biasanya suara anak-anak muda ini tidak terdengar atau tidak didengarkan, nah kali ini remaja punya kesempatan untuk didengarkan. Semoga remaja mampu menghargai dan memanfaatkan momentum ini untuk kemajuan komunitas dan lingkungan mereka masing-masing” jelas Ima Puspita Sari, Koordinator Jalan Remaja 1208.

Catatan-catatan visual yang dihasilkan oleh para remaja ini diharapkan juga bisa menjadi bahan diskusi dan refleksi masyarakat pada umumnya terkait beragam isu yang terkait dengan remaja dan anak muda. Bahwa remaja Indonesia mampu menjadi penggerak perubahan adalah catatan penting dari KH kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Informasi mengenai jadwal pemutaran Bioskop Remaja di masing-masing komunitas dapat diikuti melalui twitter KH di @kampunghalaman, facebook KH atau menghubungi KH melalui jr1208@kampunghalaman.org (kh)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: