Posted by: anaktangguh | October 28, 2013

Anak Dan Imajinasinya

“ Every Child is an artist, the problem is staying an artist when you grow up” Pablo Picasso, 1891-1973.

ANAK TANGGUH - INVITATION
Ide untuk menyelenggarakan pameran “Anak dan Imajinasinya”, berawal dari obrolan bersama Ni Nyoman Sani, Pada pembukaan pameran “one moment of journey” di Seniwati Art Space Batubulan. Dari obrolan sederhana itu terlintas gagasan untuk mengadakan kolaborasi untuk berpameran bersama antara anak-anak yang belajar di Sanggar Anak Tangguh dan anak-anak yang belajar gambar di Imagination Club (Seniwati Gallery). Dari ide sederhana tersebut, dan dilanjutkan dengan diskusi-diskusi untuk mematangkan ide pameran, timbul ide untuk mencoba menajamkan konsep pameran dengan menelisik situasi dan kegiatan belajar berkesenian di masa kanak-kanak (para orang tua yang anak-anaknya berpameran pada pameran ini). Benang merah penelusuran pembelajaran seni dulu sangat berbeda dengan anak-anak jaman sekarang. Dulu, pada masa anak-anak, kalau kita mau belajar menggambar atau mengukir, kita cukup belajar ke seniman yang ada di desa kita dan para seniman itupun akan dengan senang hati mengajarkan kita pengetahuan yang mereka miliki. Berbeda dengan kondisi sekarang, bila anak-anak ingin belajar berkesenian harus belajar ke sekolah-sekolah kesenian profesional. Kondisi ini mengharuskan orang tua untuk mengeluarkan beaya extra untuk memperoleh pengetahuan tambahan dari pendidikan formal yang telah diikuti, khususnya dalam berkesenian. Situasi dan kondisi ini, berdampak pada suasana belajar mengajar yang kaku sehingga menimbulkan suasana belajar yang tegang dan mungkin tanpa disadari telah mengekang kreatifitas si anak, karena model pendidikan seperti ini yang terlalu berorientasi pada hasil akhir, padahal dalam berkesenian yang dipentingkan adalah prosesnya.
Seperti yang ditulis oleh Mas Ruscitadewi, yang mengkurasi atau membaca karya anak-anak bahwa: “Kreatif seharusnya menjadi ciri khas anak-anak, dan lukisan seharusnya bisa menjadi salah satu media ekspresi yang menenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak. Sayangnya pola pengajaran, yang hanya mengarahkan pada ketrampilan dan hapalan, justru akan menghambat kreatifitas anak-anak untuk meneguk habis masa kanak-kanaknya. Lukisan-lukisan karya anak-anak yang dipamerkan ini secara tidak langsung memberi gambaran, ketimpangan pendidikan yang diberikan pada anak-anak. Ada anak yang begitu enteng berkreatifitas, ada yang sembunyi-sembunyi, ada yang berkreasi dalam biangkai kesopanan, ada yang begitu liar, dan ada yang sangat tertahan ide-ide kreatifnya. Hal ini tentu akan bisa dijadikan pelajaran untuk menentukan langkah-langkah pembinaan selanjutnya. Karena ketika anak-anak melukis, bukanlah menjadi pelukis hebat yang menjadi tujuannya, tetapi adalah menjadi seorang anak yang utuh, yang mampu menghadapi dan menikmati setiap peristiwa yang dialami, dan akhirnya akan merangsang daya pikir dan olah rasanya, yang menjadi sumber dari kreatifitas”.
Selain anak-anak dari Sanggar Anak Tangguh dan Imagination Club, Seniwati Gallery, peserta juga dipilih, seorang anak dari desa Batuan, Sukawati dan Gus Bama, anak dari Ida Bagus Komang “MONEZ”,. Pemilihan untuk menampilkan karya-karya Gus Bama, dikarenakan di usianya yang masih belia sekitar dua tahun, Gus Bama sudah mampu berkarya dengan menggunakan wacom, I Pad. Sedangkan pemilihan I Made Ariana, seorang anak dari desa Batuan, memberikan gambaran bagaimana seorang anak yang hidup dalam dunia Power Ranger, Ben Ten dan cartoon lainya tetapi tetap mau bertahan menggambar dengan mempertahankan teknik melukis tradisi Batuan.
Secara keseluruhan, pameran “Anak dan Imajinasinya” menampilkan 9 anak, antara lain : Ariana (12 Tahun), seorang pelukis tradisi Batuan. Gus Bama (2 Tahun), menggambar dengan IPad, Karya Gus Bama merupakan karya kolaborasi atau direspon oleh ayahnya (Monez). Candra (9 Tahun), Metthew (11 tahun), Damar (7 tahun), anak-anak dari Sanggar Anak Tangguh. Ugi Gayali (12 Tahun), Tantri (14 tahun) dari Imajination Club, Seniwati Art Space. Meithila (12 Tahun) putri dari Marlow, dan Gung Gek (4 Tahun), putri Bapak Yoka Sara.
Pemilihan peserta pameran dan karya–karya yang dipilih untuk dipamerkan, diharapkan dapat merepresentasikan hasil karya dari anak-anak yang dididik menggambar dengan metode non formal atau anak-anak yang menggambar yang didampingi oleh orang tuanya. Dalam pameran ini, diharapkan juga dapat menggambarkan hasil karya anak-anak, yang belajar pada pendidikan non formal, yang berbasis komunitas. Pendidikan Komunitas adalah pendidikan yang berbasis masyarakat, bukan pendidikan yang dikelolola oleh kelompok pengusaha yang bermentalkan koorperasi atau secara sederhana bukan pendidikan yang diperjualbelikan dan komersialisasi semata.
Semoga dalam program ini, dapat mendorong lebih meluasnya perhatian dan kepedulian warga untuk memperhatikan sektor pendidikan, mengingat pendidikan adalah salah satu yang akan menentukan karakter sebuah bangsa. Yang terpenting juga, kepekaan orang tua, sangat penting peranya dalam mencermati “model pendidikan yang dipilih untuk anak-anak mereka” baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Karena seperti apa yang dituliskan dalam pengantar buku : Indonesia Mengajar, yang ditulis oleh Anies Baswedan: “Mendidik adalah tugas konstitusional negara, namun sesungguhnya mendidik adalah tugas moral setiap orang terdidik. Semoga juga setiap insan dari Bangsa ini, tergerak hatinya untuk membantu berpartisifasi aktif dalam mewujudkan janji kemerdekaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Selamat menikmati pameran: “Children and Imagination” di SAND FA Gallery Sanur, ex bonsai café. Yang dimulai : Sabtu, 26 Oktober sampai Senin, 11 November 2013.

Salam Sanggar Anak Tangguh, Strong Children Strong Nation.

I Komang Adiartha
http://www.anaktangguh.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: