Posted by: anaktangguh | May 2, 2014

Gerobak Bioskop, Pameran Poster.

1 foto persiapan pameran

SALAM LESTARI
SATU BUMI, BUMI MANUSIA!

Tanpa terasa kita telah menginjak bulan Mei 2014, bulan April kemaren banyak kawan-kawan yang telah melakukan kegitan, terutama untuk memperingati “Hari Bumi”. Para seniman, aktivis lingkungan dan masyarakat umum sudah mulai merasakan merosotnya kualitas lingkungan, seperti air yang mulai susah ngocor dan juga kotor. Selain krisis air, yang tak kalah merisaukan adalah juga masalah krisis udara, kualitas udara sudah mulai menurun disebabkan oleh asap pabrik dan asap kendaraan bermotor. Salah satu penyebab krisis air dan krisis udara adalah akibat penebangan pohon secara masif. Penebangan pohon secara besar-besaran terjadi baik di kota maupun di desa, baik di gunung maupun di daerah pantai.
Memasuki bulan Mei, kita memperingati dua hari penting ; Pertama tanggal 1 Mei adalah “Hari Buruh” yang lebih dikenal dengan May Day dan tanggal 2 Mei adalah “Hari Pendidikan Nasional”. Sanggar Anak Tangguh yang bergerak dalam pendidikan alternative, khususnya yang menggunakan media kesenirupaan sebagai proses belajar mengajarnya, bekerjasama dengan Ruang Rupa Jakarta, berkolaborasi dalam program Gerobak Bioskop, mengadakan kegitan Pemutaran Video yang berkaitan dengan pendidikan dan lingkungan serta Pameran Poster karya Alit Ambara, Nobodycorp Internationale Unlimited.

Pameran poster karya Alit Ambara, dilatar belakangi oleh apresiasi kami atas kegigihan dan komitmenya untuk terus berkarya memproduksi poster-poster yang mencerdaskan dan tentu saja menyehatkan kehidupan kita berbangsa. Karya-karyanya sangat sarat dengan pesan-pesan menghormati alam lingkungan dan manusia serta kemanusiaan. Karya-karya poster yang dipamerkan di Sanggar Anak Tangguh, memang sebelumnya sudah sempat dipamerakan pada perayaan hari bumi di Singaraja, di belahan utara pulau Bali. Kami merasa perlu untuk menghadirkan kembali karya-karya poster Nobodycorp di Bali Selatan, mengingat masih banyak kawan-kawan seniman, aktivis, musisi dan khalayak umum yang ingin melihat poster karya Bung Alit Ambara dalam bentuk “print”. Poster-poster karya Bung Alit Ambara sangat lugas dalam mengangkat persoalan-persoalan kontemporel dan situasi politik bangsa kita. Poster-posternya banyak mengangkat persoalan realita sosial seperti, kasus Lumpur Lapindo, masalah pertanahan antara masyarakat dengan korperasi, masalah HAM, dan masalah ketidak adilan dan masalah kemanusiaan lainya.

Sebagai contoh salah satu karya posternya adalah poster “tolak reklamasi” di mana poster ini mengangkat perjuangan masyarakat Bali dalam menolak reklamasi 838 hektar Teluk Benoa. Penolakan masyarakat atas rencana reklamasi tersebut karena kebijakan rencana mereklamasi teluk Benoa, bertentangan dengan Peraturan Presiden No 45 Tahun 2011, yang menyatakan Teluk Benoa sebagai bagian dari wilayah konservasi. Pengurugan laut secara besar besaran tentu sangat menghawatirkan akan rusaknya ekosistem dan banjir di daerah pesisir, kawasan Teluk Benoa. Poster “Sudahkah Cek Saldo Anda Hari Ini” mengingatkan kita akan berapa besar hutang Negara kita. Yang seharusnya membuat kita merenung sebagai warga dari bangsa ini, apa ada yang salah dengan tata kolola bangsa ini? Atau kita tengok poster “Fair Trade”, dimana poster ini bercerita tentang kosep perdagangan yang berkeadilan, perdagangan yang memihak kaum yang termarginalkan. Dengan semangat perdagangan yang tidak mengeksploitasi manusia dan alam. Untuk mengapresiasi poster-poster lainya meminjam kata-kata dalam poster karya pelukis tersohor Affandi “BUNG AYO BUNG” mari rame-rame ke Sanggar Anak Tangguh!

Terinspirasi dari pameran poster outdoor, yang digagas oleh kawan-kawan seniman dan aktivis lingkungan di Pati, Jawa Tengah. Dalam pengantar pameranya, mereka menuliskan : Poster itu berbeda dari seni lukis, karena seni lukis tidak pernah terlibat dalam perang, contohnya perang dunia ke 2, di Prancis, Ingris, Jepang, Jerman, sangat bayak poster yang diproduksi untuk kepetingan perang tersebut, terutama untuk menggugah para generasi muda untuk ikut angkat senjata. Dan mereka pun mengatakan Perang Terhadap Perusak Lingkungan.

Dewasa ini, poster banyak dipakai dalam mempropagandakan sebuah ide. Masih segar dalam ingatan kita menjelang hajatan pemilu legislative kemaren banyak poster di media sosial yang bertemakan “Jangan Pilih Caleg Perusak Lingkungan” atau coba tengok disekeliling kita, jika anda lewat di pinggir jalan raya Sukawati menuju Celuk atau mungkin di jalan lainya anda akan menemukan sebuah poster yang bergambar : Lelaki memakai topi tinggi dengan warna bendera Amerika, yang bertuliskan I WANT YOU. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa poster itu adalah sebuah poster yang diproduksi pada masa perang dunia ke dua dan poster tersebut berhasil mempropokasi ratusan ribu pemuda Amerika untuk ikut angkat senjata pada perang dunia.

Jika anda suka browshing di youtube, maka cobalah anda menonton video SID : Sunset di Tanah Anarki, anda juga akan melihat poster-poster yang yang di temple di dinding, yang berisi gambar Wiji Thukul, Marsinah, atau berbagai tulisan yang diambil untuk menyatukan semangat perjuangan seperti : “Melawan Lupa”, “Hanya Ada Satu Kata Lawan”. Poster-poster itu merupakan simbol-simbol dari semangat dan perlawanan. Mengutip dari buku Anak-Anak Revolusi 1, karya Budiman Sujatmiko, dia mengapresiasi kekuatan penggalan puisi, karya Wiji Thukul “HANYA ADA SATU KATA LAWAN” yang banyak dipakai dalam poster-poster aksi mahasiswa, sama kuatnya dengan kekuatan kata “MERDEKA ATAU MATI” pada masa perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia.
“Poster-poster Aksi”, karya poster yang dipakai pada aksi-aksi protes atau menyampaikan pendapat tentang ketidak adilan atau penyimpangan terhadap tata kelola kebijakan suatu Negara, atau protes terhadap pelanggaran HAM. Disinilah kekuatan karya poster tersebut, dia hadir dipertontonkan di jalan, di gedung parlemen, atau diistana negara sekalipun.

Selamat menikmati video, berdiskusi dan mengapresiasi poster.

Salam

I Komang Adiartha
Sanggar Anak Tangguh

1 movie screening ruru anak tangguh

3 Sudahkah Cek Saldo Anda Hari Ini copy

2 Fair Trade

5 wiji thukul


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: